Sejarah Lengkap
Desa Banggai

Situs Sejarah
10

24 Jam

Selalu ada melayani masyarakat

15

Kerja Cerdas

jujur, inovatif, kreatif & ikhlas bekerja

12

Sahabat

Sahabat setia Bagi Masyarakat

8

Sejarah Desa Terbentuknya Desa Banggai

Lo

Banggai adalah bahasa Muna yang berarti kelor (Bahasa Indonesia ) atau sejenis sayur Khas Daerah Muna. Diberi nama Banggai karena banyak terdapat pohon Kelor. Akan tetapi dalam sejarah Kerjaan Muna, nama kampong Banggai telah ada sejak tahun 1935.

            Pada masa itu, Kerajaan Muna di bagi menjadi 4 distrik yaitu Tongkuno, Lawa, Kabawo dan Katobu. Di distrik terdapat 22 kampung antara lain Watoputi, Bangkali, Wakadia, Ghonsume, Duruka, Raha, Laiworu, Labunti, Bonea, Lambiku, Tampo, Dana, Teweghu, Mabodo, Masalili, Mabolu, Kondongia, Mantobua, Ondoke, Lohia, Komba-Komba dan Banggai.

Dahulu kampong Banggai di pimping oleh seorang “Kino”  yang bernama La ode Hamidi yang sampai sekarang dikenal dengan gelar Kino Banggai.

            Seiring perkembangan zaman, pada tahun 1969 dimana kampung kampung tersebut berubah menjadi desa. Akan tetapi kampung Banggai masuk menjadi desa Waara yang mana desa waara terdiri atas tiga kampung yaitu Banggai,Komba-Komba dan Kondongia, dan kampung tersebut berubah menjadi dusun

            Pada Tahun 1979, dusun Kondongia berdiri sendiri menjadi sebuah desa yang pada ahirnya tahun 1998 dusun Banggai juga mengikuti jejak Kondongia menjadi sebuah desa otonom.

SITUS-SITUS SEJARAH

liangkobori

lia Mewanta

meleura

Pantai mutiara

Lia Ngkawali

SITUS-SITUS SEJARAH

liangkobori

lia Mewanta

meleura

Pantai mutiara

Lia Ngkawali

Tanggapan Masyarakat

"Bagaimana cara mengupload berita, ??kawan"

testimonial 2

Aslir Jaya

Masyarakat Luar Desa

Anda perlu login terlebih dahulu untuk menambahkan review terhadap kinerja dari pelayanan pemerintah desa Banggai. Silahkan login dengan mengklik link login